Web & Graphic Design - Photo/VideoGraphy
Posted by yani prasetyo in | 22.22
Saat bayi mulai diberi makanan padat, waktu makan bisa jadi hal yang menantang bagi mereka. Berikut ini beberapa tips, seperti yang diulas di mayoclinic.com, untuk membuat waktu makan jadi hal yang menyenangkan:

1. Dudukkan bayi
Awalnya, ibu mungkin akan memangku adik bayi atau mendudukkannya di kursi makan untuk bayi. Pasang sabuk pengaman, jika ada. Tapi jangan terlalu kencang ya Bu.



2. Biarkan bayi mengeksplor lingkungannya
Bayi biasanya menjadikan makanannya seperti mainan. Kelihatan berantakan memang, tapi bagi bayi ini hal yang menyenangkan dan membantu perkembangannya. Letakkan saja kain pel dibawah meja atau kursi makannya, dan beri celemek di depan dadanya.


3. Kenalkan alat makannya
Beri sendok makan untuk dipegang bayi saat Ibu menyuapinya dengan sendok lainnya. Lama-lama, adik bayi akan mengikuti ibu untuk mengambil makanan dari piringnya.


4. Kenalkan minum dengan gelas
Setelah lama minum susu langsung dari ibu atau botol, sekarang saatnya mengenalkan adik bayi untuk minum dari gelas kecil. Sekitar umur 9 bulan, bayi lama-lama bisa minum dengan memegang gelasnya sendiri.


5. Sajikan sesuai porsinya
Adik bayi biasanya makan hanya beberapa sendok saja pada setiap waktu makannya. Jadi usahakan tidak berlebihan. 


6. Hindari pemaksaan
Kalau adik bayi tidak mau makan makanan tersebut, jangan dipaksa saat itu juga. Coba lagi nanti, siapa tau dia mau.


7. Tahu kapan waktunya berhenti makan
Saat adik bayi sudah tidak mau makan, dia biasanya meletakkanya sendoknya, bersandar pada kursinya dan menolak membuka mulutnya. Jangan dipaksa lagi selama makannya tadi sudah cukup.

Oleh: Agit Diyanita

Search

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter