Web & Graphic Design - Photo/VideoGraphy
Posted by yani prasetyo in | 01.54
Makanan seperti apel, wortel, serta kacang-kacangan seperti kedelai adalah beberapa makanan yang dikenal sangat kaya akan antioksidan. Akan tetapi, sebenarnya Anda bisa mendapatkan manfaat antioksidan tidak hanya dari makanan saja, namun juga dari minuman seperti teh.

Menurut John Weisburger, peneliti dari Institute for Cancer Prevention di New York, teh hijau, teh hitam, serta teh oolong mengandung polyphenol, yaitu sejenis antioksidan yang membantu melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang berbahaya. Weisburger juga berpendapat bahwa teh mengandung polyphenol sampai 8 - 10 kali lipat lebih banyak dibandingkan buah dan sayuran.


Selain itu, catechin yang terkandung dalam teh hijau juga lebih kuat dari vitamin C dan vitamin E dalam mencegah kerusakan sel serta melawan penyakit. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi ini, teh memiliki berbagai manfaat kesehatan, di antaranya:

1. Membantu Meredakan Stres
Penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa orang yang meminum teh hitam mampu mengatasi stres dengan lebih cepat dibandingkan orang yang tidak meminum teh. Hal ini disebabkan karena peminum teh memiliki tingkat cortisol alias hormon stres yang lebih rendah.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan
Penelitian mengungkapkan bahwa pria yang meminum teh oolong dan ekstrak green tea mengalami penurunan berat badan dan lemak tubuh yang lebih besar dibandingkan pria yang meminum teh oolong biasa.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung
Sebuah penelitian yang dilakukan pada orang-orang yang pernah mengalami serangan jantung menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih dari 14 cangkir teh per minggu memiliki risiko 44% lebih rendah untuk meninggal atau mengalami serangan jantung kedua dalam waktu 3 ½ tahun setelah serangan jantung pertama. Penelitian lain menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi sekitar 1 ½ cangkir teh per hari memiliki risiko 50% lebih rendah untuk mengalami serangan jantung dibandingkan orang yang tidak minum teh.

4. Menurunkan Risiko Tekanan Darah Tinggi
Antioksidan dalam teh membantu mencegah proses oksidasi LDL alias kolesterol jahat, meningkatkan HDL alias kolesterol baik, serta meningkatkan fungsi pembuluh darah arteri. Akibatnya, seperti yang telah ditemukan sebuah penelitian di Cina, orang yang meminum teh secara rutin memiliki risiko 46-65% lebih rendah untuk mengalami masalah tekanan darah tinggi dibandingkan mereka yang tidak meminum teh.

Selain manfaat di atas, antioksidan dalam teh juga memberikan manfaat lain seperti memperkuat tulang, melawan masalah bau mulut, serta mempercantik kulit. Rutin mengonsumsi teh sebagai pengganti minuman yang tidak sehat seperti soda jelas lebih bermanfaat, bukan?

Search

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter