Web & Graphic Design - Photo/VideoGraphy
Posted by Yani Wibowo in | 01.52
Protein merupakan salah satu nutrisi penting yang harus diperhatikan asupannya dalam pola makan sehat. Fungsi penting protein sebagai zat pembangun tulang, otot, kulit, dan darah tak akan maksimal bila tubuh Anda tidak mengonsumsi protein yang cukup. Tapi, konsumsi protein yang terlalu banyak justru bisa berarti Anda mengonsumsi terlalu banyak kalori dan lemak karena makanan yang kaya protein umumnya juga mengandung 2 nutrisi tersebut, misalnya daging, telur, dan makanan olahan susu seperti keju dan yoghurt.



Tapi, sebenarnya berapa banyak protein yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari? Jumlah asupan protein harian yang disarankan adalah sekitar 10-35% dari asupan kalori harian, yaitu sekitar 46 gram protein untuk wanita dan 56 gram protein untuk pria. Jumlah tersebut kenyataannya sangat mudah dicapai bila Anda mengonsumsi makanan kaya protein sekitar 2-3 kali per hari. Misalnya, daging seberat 300 gram saja sudah mengandung protein sebanyak 21 gram, yaitu hampir 50% dari kebutuhan asupan protein harian rata-rata untuk wanita.

Beberapa kondisi memang membuat Anda memerlukan asupan protein lebih banyak, misalnya wanita hamil dan menyusui yang membutuhkan tambahan asupan protein sebanyak 10-20 gram per hari, dan atlet yang membutuhkan tambahan protein sampai 50% lebih banyak dari kebutuhan protein harian mereka. Tapi pada dasarnya tambahan kebutuhan protein ini bisa dipenuhi dengan mudah tanpa harus terlalu banyak mengubah pola makan Anda.

Lalu bagaimana caranya agar konsumsi protein Anda sesuai dengan yang Anda butuhkan? Mnurut Lauren Antonucci, direktur Nutrition Energy dari New York, asupan protein harian bisa dicapai secara tepat dengan patokan yang sederhana yaitu bahan makanan yang mengandung protein tidak lebih dari 1/3 porsi makan Anda. Ia juga menyarankan agar Anda mengonsumsi bahan makanan berprotein secukupnya pada setiap waktu makan sehingga Anda mendapatkan asupan protein di pagi, siang, dan malam hari secara merata.

Memilih sumber protein yang tepat juga perlu jadi perhatian Anda. Sumber protein rendah lemak adalah pilihan yang terbaik sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan protein sekaligus menghindari risiko dan bahaya yang didapat dari kalori dan lemak yang berlebihan, seperti penyakit jantung dan diabetes. Selain daging rendah lemak seperti daging ayam, ikan, atau daging merah rendah lemak, Anda juga bisa mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang merah serta kacang kedelai juga merupakan bahan makanan kaya akan protein.

Dengan protein yang cukup dari sumber protein tepat, Anda pun akan selangkah lebih dekat untuk menjalani pola makan yang sehat.

Search

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter